Minggu, 04 Desember 2016

P.O EFISIENSI YANG SEMAKIN MENGUASI JALUR NGAPAK

Kali ini saya mau membahas tentang sebuah PO yang pada akhir-akhir ini terkenal akan bus-bus patasnya yang terkesan mewah, yakni PO. Efisiensi.

Tentu saja keberadaan armada bus patas PO. Efisiensi menjadi primadona baru di jalur selatan. Berawal dari bisnis bus pariwisata kini PO. Efisiensi menjadi pemain utama bus PATAS jalur selatan dengan trayek Cilacap-Jogja dan Purwokerto-Jogja. Trayek Cilacap-Jogja mulai beroperasi pada tahun 2002. Saat itu, belum ada PO yang melayani patas, padahal di Cilacap sendiri sudah ada beberapa PO yang cukup dikenal masyarakat seperti PO. Aman dan PO Utama Putra. Kedua PO tersebut pernah mengerahkan armada ATB untuk melayani trayek Cilacap-Jogja-Solo namun tidak bertahan lama. Perlahan namun pasti, PO. Efisiensi mulai mendapatkan tempat di hati masyarakat, sehingga tahun 2008 dibukalah trayek Purwokerto-Jogja. Pada jalur ini, sudah ada beberapa pemain lama yaitu PO. Raharja, PO. Mulyo, PO. Teguh dan PO. Citra Adi Lancar yang melayani hingga Tegal. Dengan masuknya armada patas PO. Efisiensi di trayek ini, para pemain lama pun menjadi kalah bersaing, PO. Raharja pun terpaksa mengalihkan armadanya untuk jurusan Jakarta dan PO. Mulyo juga terpaksa mengikuti jejak PO. Efisiensi dengan mengerahkan armada ATB untuk trayek ini.




Keberadaan PO ini setidaknya dapat menjadi contoh yang baik bagi pengusaha bus lainnya untuk memberikan pelayanan yang maksimal bagi penumpang. Angkutan umum lainnya seperti kereta api juga dapat meniru apa yang dilakukan oleh PO kebanggaan masyarakat Kebumen ini. Harga tiket Rp. 60.000 terasa murah untuk pelayanan yang diberikan PO. Efisiensi.