Jumat, 18 November 2016

Catatan perjalanan : Sumber Selamat W 7088 UZ aksi.nya tak terlupakan.

Hai hai.. para penggemar bus seantero indonesia,kali ini saya akan menuliskan Caper saya tanggal 5 November 2016.Semoga bisa membantu teman-teman yang ingin bepergian menuju Kota Malang dari Yogyakarta dan sebaliknya. 

Berawal dari saya yang akan berangkat kuliah di Yogya,saya meminta teman-teman Indonesian Bus Lovers Korwil Malang Raya untuk sekedar menemani perjalanan saya.Akhirnya ada 6 orang yang mau mengantarkan saya,yaitu Mas Fiqqi,Widodo,Wimbi,Ilham,Sendy dan Mbak Erwin.

Malam itu setelah cangkruk rutin IBL Malang kami berangkat menuju Surabaya denga bus Kalisari.Pukul 22.03 Bus keluar terminal arjosari.Kami memilih duduk di kursi paling belakang, tepat di samping pintu darurat. Untuk menghindari rasa dingin, saya menaikkan resliting jaket sampai ke leher. Bis bergerak dan saya mendengar siulan panjang di bawah sasis, peluit angin yang biasa dipasang pada bis-bis Mercedes tipe lawas. Bis ini berbalut mesin Mercedes Benz 1521,Body Setra rombakan karoseri Satya Prima,meskipun hasil rombakan eksterior.nya tampak mirip dengan hasil karoseri Adi Putro.
Tidak terasa jam menunjukkan pukul 23.24 kondektur bus berteriak " Medaeng-Medaeng ",yang artinya sebentar lagi kita sampai di Terminal Bungurasih.Disana kai sudah ditunggu oleh Mas Teguh,Sony,Virdho dan Pa'e yang juga anggota IBL Korwil Surabaya
Setelah berunding sengit antara naik Sumber Selamat W 7042 UZ dengan driver Mas Tommy atau Sumber Selamat W 7088 UZ dengan Om Yudi " Bopak " ,kami akhirnya sepakat untuk ikut Om Yudi saja.2 Bus ini memang terkenal recomended untuk jam malam dari Surabaya.Setelah menunggu sekitar 30 menit munculah Bus yang kami tunggu.Sedikit kecewa karena 2 dari 5 bangku depan telah terisi.Dengan sedikit sapaan ramah pada mas Yudi kami langsung memilih 2 deret bangku pertama dan kedua,walaupun bus belum masuk shelter pemberangkatan

Tepat pukul 00.30 kami mulai meninggalkan Terminal Bungurasih,Terasa khas cara mengemudi Mas Yudi ini,Saat mengoper gigi terasa halus,walaupun dalam rpm tinggi.15 kemudian bus sampai depan garasi,berhenti sejenak untuk menaikkan crew yang mau bareng " pulang ".Memasuki by pass krian mulai terlihat action dari mas yudi,selip kanan kiri halus yang sangat nyaman,Tak lama terlihat.lah bokong pus Pelita Indah " Sarep " dan Restu,yang akhirnya dapat di dahului mas yudi dengan sedikit perlawanan.

Jam 01.22 kami memasuki daerah baron,Nganjuk.terlihat dari kejauhan SR W 7006 UZ dengan driver om Marmud yang tadi 2 bus lebih depan selisih sekitar 15 menitan.Dengan sein kanan kiri menyala bergantian akhirnya Mas Yudi mampu menempel Om Mahmud.Keduanya terlibat adu skill yang menegangkan buat orang biasa dan mengagumkan bagi kami para penggemar bus.

Jam 02.08 2 bus ini masih saling tempel di daerah saradan,terlihat dari jauh W 7565 UY ysng sedang mendahului barisan truk.bus ini berangkat 30 menit lebih dulu ketimbang W 7088 UZ.Akhinya ke3 bus ini  berjalan beriringan membelah jalur saradan,hingga akhirnya W 7565 UY menyalakan sein kiri tanda mempersilahkan 2 bus di belakangnya untuk berjalan lebih dulu.

Memasuki daerah caruban trurunlah semua teman" saya menyisahkan saya dengan mbak Erwin yang masih lanjut sampai Yogya,ucapan selamat jalan dan sedikit turun kejauhan kaena asik menonton duel sengit Mas Yudimenjadi bonus untuk teman-teman.

Jam 02.34 memasuki terminal madiun,setelahnya menjadi mas Yudi yang di depan,walaupun masih dalam keadaan om marmud menempel,sampai di maospati mas yudi menaikkan beberapa penumpang dan petugas kontrol walaupun akhirya harus kembali di dahului oleh om marmud.

Memasuki daerah geneng 2 bus ini kembali berjalan beriringan tanpa menggunakan lampu utama,hanya menggunakan lampu hazard sebagai isyarat,benar" skil driver yang tinggi dan pertunjukkan yang mengesankan.tak lama kemudian 2 bus ini terlibat drag yang cukup lama,dan Mas yudi bisa mendahuli om marmud,saya melihat speedometer menunjukkan angka hampir 110 km/jam.

Memasuki daerah ngawi ada W 7087 UZ yang berjalan santai.tak butuh waktu lama untuk mendahuluinya.hingga W 7042 UZ yang didriveri mas tommy pun sudah terlihat bokongnya di daerah sidowayah,walhasil 7042 langsung lari tak terkejar.

Jam 04.12 W 088 UZ an W 7006 UZ memasuki daerah sragen,yang berarti om marmud harus berhenti sejenak untuk sholat subuh.benar" driver yang layak ditiru,mengejar waktu untuk sholat bukan sekedar balapan.Akhirnya om yudi pun tancap gas lagi setelah berhenti sejenak untuk membeli jajanan.

Selepas daerah masaran bokong W 7042 UZ kembali terlihat,dengan meyakinkan mas yudi mampu menempel mas tommy. hingga palur. Saat sama" terjebak lampu merah mas tommy berkata " Ojok banter-banter yud,aku perpal solo,penumpangku gowoen " mas yudi pun membalas " Piye iki kok perpalan,, yowes tak enteni ndek taman yo " . Setelah ampai di taman sebelum terminal solo penumpang tujuan jogja di oper ke mas yudi.Terlihat jam menunjukkan puk 04:50 bus memasuki terminal solo,masih sangat pagi dan hanya butuh waktu sekitar 4.30 menit.

Selepas dari terminal solo Mas Yudi berjalan agak lebih santai,hingga kami tiba di terminal Yogyakarta pukul 06:03.Dengan sapaan ramah dan ucaan terimakasih saya turun dari bus ini

Rekoor,Surabaya-Yogyakarta ditempuh 5.30 menit, sungguh driver yang mengutamakan Kenyamanan,Ketepatan waktu. See you next time om bops.



Foto TS dengan W 7088 UZ 


Surabaya - Yogyakarta : 51.000